Jumat, 01 Januari 2010

Apa Itu Blog ?

Sebuah weblog atau cukup disingkat blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (postingan) pada sebuah halaman web umum. Postingan tersebut sering kali ditampilkan dalam urutan posting terbalik dengan update terbaru berada paling atas walaupun tidak harus selalu demikian. Situs seperti ini dapat di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut.


Blog merupakan situs yang menyerupai diari karena isi situs tesebut ditulis secara kronologis, menyerupai buku diari. Weblog adalah halaman blog yang berisi tentang personalitas pembuatnya, berisi jurnal yang dapat diakses oleh semua orang. Dengan kata lain, web blog merupakan tipe situs web yang isinya seperti jurnal, diurutkan secara kronologis. Isinya berupa berita atau komentar atau suatu peristiwa tertentu mulai dari hal yang "berat" sampai hal yang ringan cenderung sepele., dari masalah poltik sampai masalah makanan. Web blog bisa berisi teks, gambar, musik, video, link ke web blog lain atau juga berisi kombinasi dari hal-hal tersebut.

Web blog mempunyai banyak manfaat antara lain selain sebagai media untuk catatan harian, blog juga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berat seperti publikasi kampanye politik.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimilki oleh Pyra Lab sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada Februari 2003. Semenjak itu, terdapat banyak aplikasi yang bersifat open source digunakan untuk perkembangan para blogger.

Sebagian blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, sementara yang lain dikelola oleh beberapa orang penulis. banyak juga blog yang mempunyai peranan untuk berinteraksi dengan para pengunjungnya untuk meninggalkan pesan atau komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan. Namun ada juga yang sebaliknya atau bersifat noninteraktif.

Situs-situs yang berkaitan satu sama lain antar blog atau merupakan kumpulan blog secara total, sering disebut dengan blogosphere. Jika terdapat sebuah pembahasan, ide atau opini yang sangat kontroversi dan mempengaruhi semua kumpulan blog yang ada disebut dengan blogstorm atau badai blog.

Sebuah web blog sering disingkat menjadi blog saja. Blog tertentu mengkombinasikan isinya dengan teks, gambar, video, dan link ke alamat blog lain, website lain atau media lain yang mempunyai topik yang berhubungan. Namun ada juga blog yang isinya terfokus pada hal tertentu saja seperti foto (photoblog), video (vlog), atau audio (podcasting).

Tidak ada komentar: