Jumat, 01 Januari 2010

Mengenal Komputer


Apa Itu Komputer ?

Ada pepatah yang mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu marilah kita mengenal apa itu komputer agar kita dapat menyayangi komputer yang telah mahal-mahal kita beli (kalo perlu peluk tuh komputer tiap malam hehe). Kata komputer berasal dari bahasa latin, yaitu computare yang artiya menghitung. Dalam bahasa inggris disebut to compute.
Secara definisi komputer dapat diterjemahkan sebagai kumpulan alat elektronik yang saling bekerjasama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses), dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.


1. Peralatan Input (Input Device), merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk memasukkan data kedalam memori komputer. Contoh peralatn input adalah keyboard, mouse, joystick, dsb.

2. Processor merupakan perangkat utama komputer yang fungsinya untuk mengelola seluruh aktivitas komputer, hmm mungkin bisa dikatakan otaknya komputer. Processor terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Otak besar, otak kecil, dan sumsum tulang belakang. lhoh kok gitu, mulai ngawur nih orang. hehe bercanda, nyambung ga sih, kayaknya ga deh. Processor tuh terdiri dari Cu, ALU, dan MU (MU ? Kenapa ga Chelsea aja yah)
   a. Control Unit (CU), ini merupakan komponen utama prosesoryang bertugas untuk mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device

   b. Arithmetic Logic unit (ALU)/Aritmatika dan Logika, ini merupakan bagioan dari prosessor yang mempunyai tugas khusus untuk mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dll) serta data logika (perbandingan)
   c. Memory Unit (MU), berfungsi sebagai unit pendukung, dimana perintah-perintah yang sering digunakan oleh prosessor akan disimpan sementara pada bagian ini.

3. Memori, merupakan alat yang berfungsi sebagai media penyimpan data pada komputer. Memori inin terbagi atas dua macam, yaitu ROM (Read Only memory) dan RAM (Random Access Memory)

   a. ROM/Read Only memory. Sesuai dengan namanya, ini adalah memori yang hanya bisa dibaca, tidak dapat diubah dan dihapus, dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan dilayar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik (namun kalo diledakin komputernya mau ga mau pasti hilang kan hehe..)
      Saat ini ROM telah megalami banyak perkembangan dan banyak macamnya.
      - PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat diprogram lagi.
      - RPROM (Re-programable ROM), perkembangan dari versi PROM. Kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan keinginan kita
      - EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya menggunakan sinar ultrviolet (apakah dengan dijemur panas matahari ??? ya ga lah)
      - EEPROM (Electrically Erasable Program ROM0, nah yang ini merupakan ROM termutakhir nih, kita dapt mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektronik (hmm, apa disetrum nih ??? ada-ada aja nih produsen). EEPROM merupakan jenis yang paling banyak digunakan sekarang ini.
   b. Random Access Memory a.k.a RAM, yaitu memori yang dapat kita akses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang telah kita olah untuk sementara waktu (but power on guys), jika komputernya dimatikan ya tentu aja data yang tersimpan di RAM akan hilang dan musnah. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti disket, harddisk, flashdisk, PCMCIA card, dll.


4. Output Device, atau bahasa Indonesianya Peralatan Output, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan uang, ehh? maksudnya keluaran, seperti ke kertas/hardcopy, kelayar monitor/softcopy atau berupa gambar dan suara. Contohnya printer, monitor, speaker, plotter, dll.

Dari penjelasan diatas, dapat kita ketahui bahwa prinsip kerja komputer adalah diawali dengan memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai dengan yang kita inginkan dan kemudian disimpan dalam memori komputer/disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya memalui perangkat Output.

Tidak ada komentar: