Sabtu, 09 November 2013

Hampir 9 Bulan Vakum, Petualangan Kembali Dimulai


Sudah hampir 9 bulan sejak terakhir kali saya bepergian keluar dari pulau Kalimantan. Waktu yang cukup lama dan dapat membuat lupa akan nikmatnya bepergian jauh menggunakan pesawat terbang. Ya, bagi saya ada sensasi tersendiri ketika bepergian jauh via transportasi udara, apalagi jika gratis! Besok akan menjadi petualangan berikutnya menjelajah bumi ini. Semoga keselamatan selalu menyertai saya dan perjalanan tersebut akan membawa manfaat bagi saya dan orang lain.

Meskipun tidak bisa dikatakan sering, di usia yang masih cukup muda, 22 tahun, saya sudah beberapa kali melakukan perjalanan keluar pulau Kalimantan. Perjalanan tersebut saya lakukan dalam rangka berpartisipasi dalam sebuah kegiatan. Ibarat pepatah sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui, momentum-momentum seperti ini kerap saya gunakan untuk menjelajah sebagian dari bumi Tuhan. Mumpung gratis, sebab perjalanan saya sebenarnya dibiayai oleh pihak lain atas keikutsertaan saya dalam beberapa kegiatan. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Tugas saya berpartisipasi dalam kegiatan terlaksana, dan hobi saya melancong terpenuhi.

Pernah suatu ketika saat saya menghadiri rakernas ismahi (ikatan senat mahasiswa hukum Indonesia) di Jakarta selama 3 hari bersama satu orang teman saya. Kami sengaja memperpanjang masa kami di Jakarta hingga 5 hari. Artinya kami mempunyai 2 hari free untuk kami pergunakan berkeliling kota Jakarta. Tidak kurang dari setengah bagian Provinsi DKI Jakarta telah kami jelajahi selama 2 hari tersebut. Dengan modal seadanya -karena memang hitung-hitungan uang yang diberikan kepada kami hanya cukup untuk 3 hari di Jakarta- kami melihat banyak sudut kota Jakarta dengan menggunakan busway atau bahkan berjalan kaki! Mungkin bagi sebagian orang apa yang kami lakukan cukup nekat. Kami sengaja mengirit pengeluaran agar uang yang kami miliki -yang diberikan kepada kami- cukup untuk biaya hidup selama 5 hari di Jakarta.

Mungkin bagi orang yang memiliki banyak uang perkara pergi ke luar daerah sesering mungkin tidak menjadi masalah. Namun bagi mahasiswa seperti saya -yang bahkan untuk makan sehari saja kesulitan- bisa keluar Pulau Kalimantan dengan gratis adalah suatu anugrah. Mencari program atau kegiatan yang mau meng-cover seluruh biaya pesertanya adalah satu-satunya jalan. Atau kalau tidak, dengan mencari sponsor yang mau berbaik hati memberikan bantuan materi untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan di luar Kalimantan. Salah satu yang paling amazing bagi saya tentu saat saya dapat berpartisipasi dalam program beasiswa kuliah di Amerika Serikat selama 2 bulan dengan gratis. Meskipun begitu, program-program lainnya yang pernah saya ikuti di beberapa pulau yang ada di Indonesia yang memberikan biaya penuh kepada saya juga tak kalah menarik. Termasuk program Interfaith Youth Pilgrimage yang besok akan saya ikuti selama 10 hari di Yogyakarta. Ah, bagi saya yang penting bisa melancong ke daerah lain dengan gratis sekaligus mengikuti kegiatan yang bermanfaat bagi saya dan orang lain. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Tidak ada komentar: